Wednesday 23 September 2009

Ramuan obat tradisional

USUS BUNTU

Usus adalah salah satu alat pencernaan manusia yang tugasnya menyerap sari-sari makanan untuk kemudian disebarkan ke seluruh tubuh. Apabila usus ini terganggu misalnya karena terjangkit penyakit yang di sebut dengan usus buntu, maka secara otomatis kerja usus tidak dapat berjalan dengan baik.

Untuk menyembuhkan penyakit ini biasanya dilakukan dengan jalan operasi, dan setelah operasi penderita dianjurkan untuk beristirahat dalam waktu yang cukup lama dan tidak boleh bekerja keras. Selain dengan cara modern seperti itu, ternyata usus buntu juga dapat disembuhkan dengan ramuan tradisional sebagai berikut:

Bahan-bahan yang diperlukan:

a. Beberapa ruas kunir.

b. Air perasan jeruk nipis.

c. Gula merah secukupnya, dan

d. Sedikit garam dapur.

Cara membuatnya :

1. Campurlah semua bahan yang disebutkan diatas menjadi satu, kemudian diseduh dengan air panas.

2. Aduklah hingga rata, lalu biarkan beberapa saat.

3. Ramuan tersebut diminum bila sudah dingin. lakukan setiap hari 2 kali sampai penyakit tersebut dapat disembuhkan.


Ramuan Obat Kuno
stored in: leluhur
Bersyukurlah kita sebagai bangsa Indonesia memiliki banyak bahan-bahan tradisional serta tumbuhan yang berkhasiat tinggi untuk di olah menjadi obat-obatan. Seperti daun sirih, daun kemangi, kunir dan lainnya apabila diolah dengan benar maka bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa daftar penyakit dibawah ini :
Cara menyembuhkan sakit kepala secara cepat
Membasmi Jamur Kulit
Menyegarkan Kulit
Bisul atau udun
Sembelit
Badan merasa lelah juga lemas
Mengobati kencing batu
Obat sakit kuning
Air ajaib
Apabila selalu buang air
Rasa sakit sewaktu kencing
Menghilangkan kebiasaan mengorok
Mengobati penyakit TBC
Cara menyembuhkan sakit kepala secara cepat
Sakit kepala adalah penyakit komplek, banyak yang menyebabkannya. Bisa karena kelelahan, karena pusing memikirkan sesuatu dan juga karena ukuran kaca mata minus yang tidak cocok, juga bisa karena gigi yang berlubang.
Pertama, gunakan kompres yang terbuat dari daun sangket yang ditumbuk, tambah minyak gondopuro. Usahakan perut dalam keadaan bersih.
Kedua, ramuan untuk diminum
- Perasaan daun kangkung 30 cc
- Madu murni 1 sendok teh
- Aduk rata lalu diminum tiga kali sehari.
Ketiga, bisa juga menggunakan ramuan dibawah ini :
- Jahe segar 100 gram
- Asam tua 50 gram
- Sari jeruk nipis 20 gram
Seduh ramuan diatas dengan air 3 gelas, tiap minum secangkir teh penuh dalam keadaan hangat, bisa ditambahkan madu atau gula batu.
Keempat, penderita harus banyak istirahat, boleh olah raga ringan seperti jalan kaki dll. Perut selalu bersih, usahakan agar sering makan buah pepaya. Seringlah minum air jernih, baik juga dibuatkan seduhan kacang hijau yang diminum seperti teh.
Kelima, inilah cara menyembuhkan sakit kepala secara cepat, pertama berikan minuman dari juwawut dan kecap manis. Hal ini untuk memperbaiki peredaran darah.
Selanjutnya pijat bagian bahu tapi jangan ditekan dengan jari-jari melainkan dengan telapak ibu jari. Setelah selesai memijat kedua daun bahu, pergunakan ibu jari kurang lebih 3 menit, lanjut dengan mencubit tempat tersebut pelan-pelan dengan menggunakan seluruh jari tangan, jangan lebih dari 3 menit. Kini ganti memijat bagian belakang leher, gunakan tangan kanan sementara jari tangan diletakkan di dahi agar dapat mengukur tekanan. Tekan selanjutnya dibagian kepala.

Bila tekanan dirasa terlalu sakit kurangilah. Pijat selanjutnya daerah tersebut dengan cara biasa yaitu garis demi garis. Diawali dibagian atas terus ke bawah.
Selanjutnya pijat bagian leher selama 3-6 menit, setelah itu dilanjutkan lagi dengan memijat bagian kepala lagi. Sesudah pijat bagian pelipis, tekan ringan-ringan saja, mulai dari dahi, bergerak ke arah bagian belakang telinga selama 2 menit. Setelah ini tekan bagian atas kepala.
Terakhir garuklah seluruh kepala dengan jari tangan atau kuku-kuku. Bila perlu urut bagian kepala seperti sedang keramas selama 2 menit.
Hasilnya ! Bisa dirasakan sendiri, pasti ces pleng!!
Membasmi Jamur Kulit
Udara yang terlalu panas, tubuh terlalu lembab bisa menyebabkan bercak-bercak putih yang disebut jamur kulit, jamur kulit yang disebut jamur kulit “kembang” agak cepat menjalarnya, dalam tempo sebulan bisa membuat separuh tubuh jadi belang-belang. Yang parah adalah bila jamur ini menyerang bagian wajah, anda bisa mati kutu dan tak punya nyali dalam pergaulan.
Untuk melenyapkan jamur kulit gunakan cara di bawah ini, ambil sepotong lengkuas atau laos, potong menjadi dua, getah lengkuas ini gosokkan pada bagian kulit yang terkena jamur kulit. Lebih cepat lagi kemanjurannya bila kulit yang hendak digosok itu diberi sedikit garam, memang pedih tapi hasilnya luar biasa.
Untuk mereka yang memiliki kulit peka tidak usah menggunakan lengkuas ini (bisa bikin kulit jadi gosong). Kurang dari satu jam sejak anda menggosokkan lengkuas segeralah dibersihkan dengan air hangat.
Menyegarkan Kulit
Seharian bekerja membuat kulit terasa tegang, untuk memperoleh kesegaran kulit, terutama pada wajah maka lakukan petunjuk di bawah ini.
Ambil beberapa bahan seperti :
- Telur ayam diambil putihnya saja
- 1 sendok madu
- 3 sendok susu
Caranya :
Campur semua bahan aduk rata lalu poleskan pada wajah dan leher. Biarkan kering dan mengeras, setengah jam kemudian bersihkan dengan air hangat lalu dengan air dingin. Rasakan kulit anda akan menjadi segar. Lebih-lebih lagi bila anda orang Islam, waktu membilas wajah anda tidak sembarang membilas melainkan disertai wudlu, maka wajah anda akan tampak segar, bukan hanya segar dari luar, tetapi ada kekuatan jiwa yang tersembunyi.
Bisul atau udun
Bisul adalah kotoran dalam tubuh yang terdorong keluar sehingga timbullah bisul. Untuk mengatasinya gunakan ramuan tradisional dibawah ini :
- Asam trengguli 15 gram
- Ragi 10 gram
- Pegagan 20 gram
- Parutan temulawak 40 gram
- Daun sendokan 20 gram
- Asam kawak (lama) 5 gram
Ditambahkan air 650 cc untuk merebus semua ramuan, selanjutnya disaring dan dijadikan minuman pagi, siang dan sore. Untuk obat luar sebagai kompres gunakan air kelapa muda hijau yang dibubuhi sedikit garam. Pantangan : Jangan makan daging hewan.
Sembelit
Apabila sistem pencernaan tidak bekerja dengan sempurna maka kotoran tersumbat di usus, untuk menyembuhkannya gunakan ramuan dibawah ini. Semua bahan dipotong halus atau tipis-tipis.
- Buah nanas dipotong kecil-kecil 40 gram
- Asam trengguli ditumbuk 20 gram
- Pegagan kaki kuda 10 gram
- Daun jarak pagar 4 gram
Caranya :
Semua bahan direbus dengan air 600 cc. Diminum dua jam sebelum makan. Pagi siang dan sore hari. Hindari merokok, jangan minum teh dan jangan mempergunakan obat bius. Usahakan makan buah-buahan segar terutama pepaya, wortel dan minum sari jeruk segar.
Badan merasa lelah juga lemas
Ini resep sederhana dan paling mudah didapat bahan-bahannya. Resep ini untuk menambah kekuatan agar anda tidak merasa lelah atau lesu ketika bekerja.
Bahan-bahannya :
- 1 sendok makan madu
- 1 butir telur ayam kampung
- kunir diparut dan diperas airnya hingga 1 sendok makan
- 1/2 sendok makan perasan air jeruk nipis
Nah, mudah bukan untuk mendapatkan bahan-bahannya resep tersebut. Selanjutnya anda kocok kuning telur ayam, bubuhkan air kunir, air jeruk dan madu, aduk sampai rata. Untuk kaum pri boleh ditambahkan merica secukupnya. Minum ramuan ini dua kali dalam seminggu, niscaya anda tidak akan cepat merasa lelah dan akan giat bekerja juga semakin produktif dalam beraktifitas.
Mengobati kencing batu
Hati-hati dengan penyakit ini. Jangan biarkan berlarut-larut, kalau sudah parah anda terpaksa harus operasi. Dunia pengobatan timur punya cara unik untuk menyembuhkannya, asalkan anda sabar dan tekun.
Bahannya :
- Akar aren segenggam
- Akar alang-alang segenggam
- Adas pulosari
- Gula batu
- Air 2 gelas
Caranya :
Rebus semua bahan hingga airnya tinggal segelas, minum setiap pagi hingga batu dalam kandung kencing hilang.
Obat sakit kuning
Untuk mempercepat proses penyembuhan bagi penderita penyakit kuning, hendaklah penderita tidak banyak memeras tenaga, penderita sebaiknya rebahan saja. Ramuan untuk menyembuhkannya adalah sebagai berikut :
- Bonggol bambu kuning
- Bonggol daun nanas muda
- Adas pulowaras secukupnya
Caranya :
Ketiga bahan ditumbuk halus, diperas dan diambil airnya, campurkan air 1/2 gelas. Minumlah air perasan itu tiap pagi, siang, malam hari. Lakukanlah hal yang sama sebulan penuh. Bila sudah sembuh, sebagai upaya pencegahan, makanlah setiap bulan sekali kerang laut. Kerangnya direbus dan dimakan pakai saus.
Air ajaib
Mungkin anda tak pernah menduga apa yang dimaksud air ajaib tersebut, benar itu adalah air kelapa muda hijau. Ini adalah obat antibiotika alami. Segala macam kasus keracunan dalam tubuh bisa diobati dengan air kelapa muda hijau. Baik keracunan makanan, minuman maupun obat-obatan.
Untuk mendapatkan khasiat yang ampuh, usahakan waktu mengambil kelapa muda tersebut tidak jatuh ke tanah, melainkan diambil dengan cara memanjat dan memetiknya kemudian dibawa turun.
Kelapa muda juga bisa dipergunakan untuk jamur kulit atau obat koreng, caranya bersihkan dulu koreng tersebut lalu siram dengan air kelapa muda hijau, biarkan hingga kering baru boleh dibasuh dengan air dingin, Palabila dengan cara tersebut masih belum sembuh, gunakan cara kedua yaitu belah kelapa jadi dua yang separuh dibakar sampai hangus. Tumbuklah sampai halus, setelah itu bubuhilah minyak kelapa 2 sendok makan dan diaduk rata maka jadilah salep untuk mengobati koreng.
Apabila selalu buang air
Apabila anda selalu buang air, sehingga harus selalu ke kamar kecil, perut melilit, tubuh lemas, anus terasa perih maka gunakan resep dibawah ini.
Bahan-bahan :
- Sirsak atau Nangkalanda
- 1 gelas air
- 25 gram susu kental
Caranya :
Sirsak atau nangka dibuang kulitnya, ambil dagingnya, campurkan air segelas lalu aduk sampai rata. Tambahkan susu kental. Minum tiap pagi dan sore. Ulangi cara pengobatan ini hingga dua atau tiga kali, semoga segera sembuh. Ini adalah ramuan paling enak juga menyegarkan.
Rasa sakit sewaktu kencing
Waktu kencing air seni tidak lancar, tersendat-sendat dan terkadang diiringi rasa sakit. Air seni terasa panas sekali, sebentar-sebentar ingin kencing tapi tidak bisa keluar banyak.
Gunakan ramuan berikut ini :
Ambil daun kumis kucing yang cukup banyak, kemudian jemur di bawah terik matahari selama seminggu hingga kering dan mengeras. Daun yang sudah kering ini dipergunakan pengganti teh untuk diminum sehari tiga kali. Pagi, siang dan sore hari. Caranya ambil sedikit daun kumis kucing yang sudah kering itu lalu seduhlah dengan air panas seperti menyeduh teh. Campuri gula aren secukupnya, baru kemudian diminum selama seminggu. Tapi jangan berhenti dalam waktu seminggu, teruskan hingga satu bulan penuh supaya anda benar-benar sembuh. Hanya dalam seminggu itu anda sudah melihat hasilnya, buang air jadi lancar.
Cara lainnya dengan menggunakan rebusan 10 lembar daun pecah beling. Rebuslah daun tersebut dengan air sepanci kecil, sampai mendidih. Setelah dua jam dan sudah dingin baru diminum tiap pagi, siang dan sore hari. Esok harinya anda buat ramuan lagi yang baru. Dengan cara ini pinggang yang sakit saat kencing jadi lenyap, air seni jadi lancar.
Menghilangkan kebiasaan mengorok
Kebiasaan ngorok di waktu tidur dapat mengganggu teman tidur. Baik suami, kakak, adik atau teman tidur lainnya. Lebih-lebih bila yang ngorok itu perempuan rasanya kurang feminim, untuk mengatasi kebiasaan ngorok gunakan cara berikut ini.
Bahan :
- 2 sendok makan madu asli
- 2 ruas kunir atau kunyit
Caranya :
Kunir digepengkan atau diparut lalu diperas airnya, campurkan dengan madu asli dan aduk sampai rata, minum ramuan ini setiap hari selama seminggu. Bila anda melakukannya tepat seminggu, anda tidak akan ngorok lagi. Selanjutnya setiap minggu cukup sekali.
Mengobati penyakit TBC
Penderita TBC biasanya diasingkan ke suatu tempat, untuk mengobati penyakit ini carilah ramuan di bawah ini:
- Adas pulosari 1 cangkir teh
- Pucuk daun anom (sejenis pare yg kulitnya berbintik-bintik) ambil sekepal saja.
- Gula aren 2 sendok makan.
Caranya :
Adas pulosari dan daun anom dicampur lalu direbus dengan sepanci air. Waktu merebus harus ditutup rapat. Biarkan selama setengah jam hingga airnya tinggal seperempat panci, angkat dari kompor lalu masukkan gula aren dan aduk rata hingga airnya dingin. Minumkan ramuan ini tiap pagi, siang dan malam. Tapi jangan mimpi sekali minum langsung sembuh, jadi harus berulang-ulang ramuan ini diminum. Cara ini harus dilakukan selama 3 bulan hingga penyakit tersebut benar-benar sembuh.
Perkasa identik dengan lelaki dan untuk mengatasi itu semua pergunakan ramuan obat kuno lelaki perkasa. Bagi para perempuan yang banyak sekali memiliki perawatan tubuh dan ingin merawat bagian-bagian yang sensitif, bisa dilihat ramuan obat kuno untuk para perempuan.
Beberapa hal yang menonjol dalam sistem pengobatan tradisional yang justru menguntungkan para pemakainya yaitu pengobatan tradisional hanya membutuhkan biaya murah dan cara sederhana dan pengobatan tradisional bahannya tidak mengandung unsur kimia yaitu unsur yang perlahan tapi pasti dapat membunuh sel-sel syaraf serta organ tubuh manusia.
Semoga bermanfaat dan bisa melestarikan obat/jamu tradisional bangsa Indonesia.
Old medicine the ancestors’s inheritance, traditional medical treatment used materials as well as plants that contained the high usefulness
Disadur dari :
- Obat kuno warisan leluhur “Ki Seger Waras”
- Ramuan Nusantara “Morotresno”
- Racikan obat tradisional “Nyi Surya Wetan”

ANEKA RESEP OBAT TRADISIONAL ASLI INDONESIA
* Penurun panas, batuk, dan pilek
Parut bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil sedikit diurut. Juga pusar dan ubun-ubun. Untuk ramuan minum: air kelapa satu cangkir ditambah 1 sendok teh madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini diberikan untuk bayi 8 bulan ke atas. Bila usia anak di bawah 8 bulan, cukup dengan pemberian ASI atau ibunya yang minum ramuan tersebut.

Pada anak yang agak besar, gunakan ramuan minum berupa air kunyit dan madu. Setengah sampai satu ruas jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dikerik kulitnya, diparut, lalu diberi air matang 1/2 cangkir, peras, kemudian diendapkan. Campur bagian air kunyit yang tanpa endapan dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian disuapkan pada anak. Ramuan ini bisa untuk penurun panas seperti pada sakit cacar air, flu, atau apa saja.

* Perut kembung
Parut bawang merah dan tambahkan minyak telon. Kemudian tapelkan bawang yang sudah diparut tersebut di bagian pusar. Bisa juga, gunakan daun jarak pagar yang dihangatkan. Olesi dengan minyak kelapa, pilin-pilin, lalu tempelkan pada pusar si kecil.

* Diare
Sediakan 1/2 jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dipotong-potong, 7 pucuk daun jambu biji, air 2 gelas, dan garam 1/4 sendok teh, rebus dengan api kecil. Minum airnya, 1 sendok teh satu jam sekali. Untuk mengusir gas, maka pusarnya ditapeli dengan parutan bawang merah yang sudah diberi minyak telon. Untuk anak yang sudah agak besar, boleh juga dengan mengunyah halus pucuk daun jambu klutuk yang sudah bersih ditambah garam lalu ditelan.

* Muntah-muntah
Muntah bisa disebabkan perut mual atau kembung. Sediakan 1/2 sendok teh ketumbar, 3 butir kapulaga, 5 butir adas hitam, dan air setengah gelas. Kemudian direbus. Setelah dingin, berikan ke anak sedikit-sedikit, sesering mungkin atau 2 jam sekali.
Boleh juga dibuatkan air beras kencur. Caranya, cuci 1 sendok makan beras dan direndam sebentar. Sangrai beras tersebut sampai berwarna kecokelatan, lalu ditumbuk halus bersama dengan 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari kunyit, dan 1/4 sendok teh adas manis. Setelah itu diseduh dengan air panas, tambahkan gula merah, sedikit garam, dan asam jawa. Saring, lalu diminumkan pada anak agar tubuhnya hangat.

* Batuk
Sediakan air jeruk nipis 1 sendok makan ditambah madu 2 sendok makan dan air matang 2 sendok makan. Masukkan dalam cangkir dan kukus. Setelah agak dingin, minumkan pada anak sebanyak 1-2 sendok teh. Berikan sehari 5 kali.

* Batuk seratus hari
Sediakan umbi bidara upas sebesar 1/2 jempol yang sudah bersih, parut dan seduh dengan air panas, lalu aduk-aduk dan dinginkan. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum sampai habis. Buatlah ramuan ini 3 kali sehari. Bisa juga gunakan ramuan lidah buaya. Lidah buaya dikupas kulitnya dan ambil bagian dagingnya sebanyak dua jari, kemudian dicacah. Tambahkan air hangat dan madu, lalu diminumkan pada anak 1-2 kali sehari.

* Batuk karena angin atau dahak susah keluar
Sediakan 1 butir bawang merah diparut, 1 ruas jari jahe diparut dan diperas airnya, 7 butir adas manis, 1 ruas jari kunyit diparut dan diperas airnya, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan 1/2 gelas air. Masukkan semua bahan di cangkir, kemudian kukus dan setelah itu saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2 sendok teh.

* Batuk berlendir
Campurkan air jahe 1 sendok makan, air kunyit 1 sendok makan, bawang putih 1 siung diparut, air jeruk nipis 1 sendok makan, madu 1 sendok makan, dan 3 sendok makan air matang, kemudian dikukus. Diminumkan 3-4 kali sehari 2 sendok teh.

* Pilek
Siapkan bawang merah yang diparut, lalu tapelkan pada tulang leher ketujuh (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak setelah sebelumnya diolesi minyak kayu putih. Beri juga minuman yang hangat-hangat, seperti minuman beras kencur. Selain itu, jemur anak di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7 atau di bawah jam 9 pagi. Panaskan bagian dada seperempat jam dan kemudian punggung seperempat jam. Ini bisa dilakukan sambil jalan-jalan pagi.

* Mata bintitan
Ambil getah dari batang tanaman patikan kebo atau getah dari batang pohon meniran. Tempelkan sedikit pada kapas, lalu oleskan pada bagian bintitnya, sedikit saja, jangan sampai terkena mata.

* Mata merah
Taruh 3 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih pada wadah mangkok. Seduh dengan air panas. Setelah airnya dingin, minta anak untuk mengedip-ngedipkan matanya dalam air tersebut.

* Sariawan
Ambil sebuah tomat matang, seduh dengan air panas dan kupas kulitnya. Haluskan tomat tersebut dengan menggunakan sendok, saring dan tambahkan sedikit gula. Beri anak minumam sari tomat tersebut.

* Tak nafsu makan
Menurut Endah, hilangnya nafu makan dapat disebabkan cacingan atau hal lain seperti masuk angin. Cara mengatasinya, bersihkan 1 lembar daun jarak pagar, setelah itu hangatkan sebentar di atas tutup panci. Beri olesan minyak kelapa pada daun tersebut dan dipilin, kemudian tempelkan daun tersebut di atas pusar anak, yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak telon.

Bila usia anak sudah lebih dari setahun, coba berikan ramuan 1 telapak tangan daun pepaya, 1 ruas jari temu hitam/temu ireng, seruas jari tempe bosok (tempe kemarin), dan sedikit garam. Semua bahan ditumbuk halus, lalu peras pakai kain dan masukkan ke mulut anak. "Khasiat temu hitam untuk mengeluarkan cacing, sedangkan daun pepaya untuk menambah nafsu makannya, dan tempe bosok untuk stamina atau kekuatan tubuhnya.

Untuk menambah nafsu makan anak bisa juga dengan ramuan: 1 ruas jari temulawak, gula merah, air secukupnya, dan sedikit garam, kemudian rebus dan saring. Minumkan pada anak 1-2 sendok makan sehari

* Mimisan
Selembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dipilin dan disumpalkan ke hidung anak. Untuk pengobatan dari dalam tubuh lakukan dengan ramuan: 1/2 jempol umbi bidara upas yang sudah bersih diparut dan diseduh dengan 1 cangkir air panas, kemudian disaring, dan setelah dingin diminumkan ke anak ditambah sedikit madu.

* Benjol karena benturan
Rendam 1 sendok makan beras. Tumbuk bersama kencur dan beri sedikit garam. Setelah halus, tempelkan ke bagian yang benjol.

Bisa juga diberi ramuan: bawang putih diparut dan diberi ramuan: bawang putih diparut dan diberi madu, setelah itu dioleskan ke bagian yang benjol.

* Keringat buntet
Sesering mungkin dibedaki tepung kanji.

* Congekan
Cuci bersih 3 lembar daun miana atau 7 lembar daun samiloto segar atau lengkuas merah muda, lalu tumbuk halus. Peras pakai kain bersih dan teteskan air perasannya ke telinga. Lakukan dua kali sehari, masing-masing 3 tetes.

* Panu
Dua jari langkuas merah diparut dan diberi sedikit cuka, oles-oleskan pagi dan sore atau malam hari pada bagian tubuh yang berpanu tersebut.

* Koreng atau borok kepala
Batang brotowali dipotong-potong sebanyak 5 jari. Rebus dengan sedikit air, oleskan pada bagian kepala.

Bisa juga diberi ramuan: daun brotowali, parutan kunyit dan sedikit garam ditumbuk halus. Oleskan ke kepala. Boleh juga hanya dengan kunyit saja.

* Sakit gigi
Bawang putih diparut, ditambah sedikit garam, kemudian sumpal ke gigi yang sakit karena berlubang.

* Digigit nyamuk
Hilangkan bekas gigitannya dengan tanaman sambiloto yang diremas-remas dan dioleskan ke bagian bekas gigitan tersebut. Kalau tak ada sambiloto bisa digunakan minyak sereh.

* Asma
Sepuluh siung bawang putih diparut, ditambah madu 1 gelas, kemudian dikukus. Berikan pada anak sebanyak 1 sendok teh, dua kali sehari. Bisa juga, 10 siung bawang putih diparut, 1 ons gula batu, direbus bersama 1 gelas air.

* Luka-luka berdarah
Cuci bersih daun jambu biji atau daun bandotan, kemudian remas-remas. Tapelkan pada luka tersebut. Darah akan berhenti segera.

* Keracunan
Minum air kelapa hijau muda 3 kali sehari 1/4 gelas.

* Biduran atau kaligata
Balurkan tubuh dengan minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon. Untuk ramuan minum: 1 jari temulawak dipotong-potong, beri sedikit gula merah, dan garam direbus dengan 1 gelas air. Saring dan bila sudah dingin diminumkan 3 kali sehari 1/4 gelas.

MANFAAT BUAH PARE

Pare ( Latin: Momordica charantia L.) Familia: Cucurbitaceae >


Pare ( Momordica charantia L.)
Familia: Cucurbitaceae
Indonesia: Pare, paria, Malaysia: Peria.
Pilipina: ampalaya, amargoso, paria, palia.
Thailand: mara, phakha, maha. Vietnam: muop dang, kho qua.
Cina: ku gua, foo gwa.
English: balsam-pear, bitter gourd
> > > SMS= 081-32622-0589
> > > SMS-081-901-389-117
> > > Tersedia Buah Pare yang telah dikeringkan kadar air > > Pemesanan dibayar dimuka SMS= 081-32622-0589
SMS= 081-901-389-117

* * * JENIS-JENIS PARE* * *
~ Pare Gajih~
~ Pare Hijau~
~ Pare Belut~
* * * MANFAAT TANAMAN PARE * * *
Rasa buah pahit ini yang menimbulkan beberapa manfaat yang terdapat dalam buah pare ini. Manfaat buah pare bagi kesehatan manusia adalah:
~ ~ > a. Dapat merangsang nafsu makan
~ ~ > b. Dapat menyembuhkan penyakit kuning
~ ~ > c. Memperlancar pencernaan
~ ~ > d. dan sebagai obat malaria
Selain buah pare, ternyata Daun pare juga mempunyai manfaat yang tidak kalah dengan buahnya. Manfaat tersebut antara lain:
~ ~ > a. Dapat menyembuhkan mencret pada bayi
~ ~ > b. Membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan
~ ~ > c. Dapat menurunkan panas.
~ ~ > d. Dapat mengeluarkan cacing kremi.
~ ~ > e. Dapat menyembuhkan batuk
Selain dari semua yang ada diatas, ada penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa tanaman pare dapat membuat turunnya jumlah sperma pada tikus putih jantan, sehingga pare dapat dikatakan dapat menjadi sebagai obat KB alami bagi pria karena mengandung zat antifertilitas ( lengkap baca disini) .

* * * * Pare sebagai Anti HIV-AIDS * * * *
Satu lagi alternatif sayuran yang mempunyai khasiat sebagai pembantu mengatur kerja tubuh agar lebih optimal, dan bahkan bisa melawan virus yang sangat ditakuti manusia, Human Imunodeficiency Virus atau lebih dikenal sebagai HIV.

Sayuran eksotik pare, yang sering digunakan sebagai lalapan ternyata mengandung khasiat lebih bagi kesehatan. Pare alias pria ( Momordica charantia) kaya mineral nabati kalsium dan fosfor, juga karotenoid. Pare mengandung zat yang luar biasa bermanfaat sebagai anti HIV-AIDS, yang disebut ' bitter melon' . Zat ini dinamai alpha-momorchorin, beta-momorchorin dan MAP30 ( momordica antiviral protein 30) .

Kapsul berisi bubuk biji pare sudah lazim dipasarkan di AS, dan senyawa tersebut diakui menahan laju perkembangan virus HIV-AIDS. Berkat terapi pare, para pengidap HIV-AIDS di Thailand dan AS secara klinis tampak lebih sehat dan berat badannya meningkat. Tak berlebihan kiranya jika para ahli optimis dalam 10 tahun ke depan bakal ditemukan obat untuk memerangi HIV-AIDS.

* * Resep Masakan* *
Siomay Asli Rasa Ikan Tenggiri
* Bahan siomay :
~ 300 g daging ikan tenggiri, cincang halus
~ 50 g tepung kanji ( atau secukupnya sampai adonan dirasa udah pekat nempel)
~ 100 ml air kaldu ( saya pakainya kaldu dari tulang ikan tenggiri)
~ 1 sdm minyak wijen
~ 1 butir telur ayam, kocok lepas
~ 1 batang daun bawang
~ merica, garam, gula secukupnya
* Bahan saus kacang :
~ 300 g kacang tanah sangrai.
~ 4 bh bawang putih.
~ cabai merah secukupnya ( kira-kira cabe merah besar 5 buah dibuang bijinya, cabe merah keriting 4 buah. Atau sesukanya deh selera pedasnya.)
~ 2 sdm gula pasir
~ 2 sdm garam
~ air matang secukupnya
* Bahan pelengkap :
~ Kol, dibuang ya tulangnya yang tebel dan keras.
~ Tahu putih
~ Pare
~ Kentang
~ Telor ayam rebus
~ Jeruk limau
~ Kecap
~ Saus sambal
* Cara membuat :
~ > 1. Pare dibuang bijinya. Potong-potong silinder kira-kira tinggi 6 cm yang bolong atas bawahnya. Kentang dipotong juga dikira-kira deh.
Potong tahu jadi segitiga kira-kira masing-masing sisi 6 cm, lalu kerok salah satu sisinya. Kerukan tahunya ini diancurin, lalu campur jadi satu dengan bahan siomay. Nah, pokoknya bahan siomay dirasa-rasa udah cukup pekat nempel atau belum.
~ > 2. Nah, adonan siomay ini terus dimasukkin ke bagian tahu yang dikeruk, masukkin juga ke dalam pare, nah sisanya dibulet-buletin pake sendok terus direbus di air mendidih sampai matang. Tandanya udah matang, buletan ini akan mengapung di air.
~ > 3. Kukus kol, kentang, pare, tahu sampai matang. Jangan lupa jaring-jaring dandangnya dialasi plastik tahan panas supaya yang dikukus tidak nempel di jaring-jaring dandang.
~ > 4.Nah, sekarang bikin saus kacangnya yuk. Kacang diulek sampai halus, sisihkan. Goreng cabai dan bawang putih sampai layu lalu haluskan bersama gula dan garam. Campur dengan kacang halus. Tambahkan air secukupnya, pokoknya sampai kental atau encer sesuai selera.
~ > 5. Hidangkan deh siomay, kol, tahu, kentang, pare, dan telor. Tambahin kecap sama perasan jeruk limau. Dan saus sambal kalo kurang pedas ( dijamin rasanya bener-bener rasa ikan tenggiri.)
Pokoknya resep siomay ini dijamin enak! Selamat mencoba.

Negara Asal:Indonesia










1 comments:

Unknown said...

Cancer has become a modern epidemic and millions of people die each year from the disease.
suksestoto

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons