Friday 27 March 2015

Senam Massal di Aula Sekolah




SMAN1 SEKADAU  (7/3/2015) – Pemahaman kesehatan merupakan salah satu aspek terpenting sebelum kita melakukan suatu aktivitas. Baik kesehatan jasmani maupun rohani, sebagai guru maupun siswa haruslah senantiasa menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Selama seharian berada di sekolah atau di tempat kerja, pastilah rasa letih dan lelah dirasakan oleh setiap orang. Hal ini perlu didukung dengan kesehatan yang prima. Tergantung cara mereka menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, masing-masing orang berbeda.
Dalam lingkungan sekolah, SMAN 1 Sekadau adalah salah satu sekolah pasti sudah menjadwalkan adanya olahraga bagi siswa. Namun bagaimanakah dengan olahraga bagi guru ataupun karyawan? Sepertinya hal ini belum berjalan secara maksimal, padahal kebutuhan olah raga tidak hanya dibutuhkan seorang siswa akan tetapi para guru juga. Dengan berolahraga, niscaya badan selalu sehat, menguatkan tubuh, mengencangkan kulit, dan jauh dari penyakit.
Perhatian sekolah akan aktivitas olahraga idealnya tidak terabaikan, khususnya senam. Senam tidak ubahnya olahraga seperti lari atau bermain sepak bola. Senam bisa dilakukan hampir semua umur, mulai dari balita sampai orang tua. Program senam ini seyogyanya diadakan oleh setiap sekolah. Sebagai contoh tekhnis yaitu senam setiap hari jum’at atau sabtu pagi. Baik kepala sekolah, para guru, karyawan dan para siswa terjun ke lapangan dengan seragam olah raga, seperti akhir-akhir ini telah dicontohkan oleh dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kab Sekadau (dikpora)
Banyak manfaat yang bisa kita pelajari dalam aktivitas senam ini, antara lain menjaga kebugaran tubuh dan mempererat kerukunan semua elemen sekolah. Mari kita perhatikan wajah seseorang sebelum melakukan senam massal di lapangan sekolah, rata-rata mereka pasti menunjukkan muka yang cerah dan ceria. Bagaimana tidak, seorang guru yang melihat  siswanya bermuka cerah dan gembira  menjadikan guru tersebut terbawa kondisi yang menyenangkan dan rasa bangga tersendiri.
Bagaimakah dengan sekolah kita? Apakah para guru juga sudah mengagendakan jadwal senam bersama para siswa, kalau belum sepertinya perlu dievaluasi bersama. Kalau ada sebagian yang menyatakan, mana sempat mau olahraga apalagi senam? Orang tiap hari saja saat bekerja, itu sudah termasuk olah raga yaitu mengeluarkan keringat, buat apa olah raga lagi? Kalau ada yang berfikiran demikian sejatinya perlu dipikir ulang dengan memperhatikan berbagai segi.
Kita mungkin tidak akan langsung jatuh sakit kalau tidak olah raga. Kita masih bisa mengajar, mendidik, dan membimbing para siswa di sekolah. Memang tidak ada salahnya ungkapan tersebut, namun alangkah lebih baik lagi bila makanan bergizi yang kita konsumsi setiap hari dibarengi juga dengan olah raga. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan di sekolah atau madrasah yaitu senam.
Saat ini, tiap guru bisa belajar senam sendiri bahkan menjadi instruktur senam. Media teknologi sudah cukup canggih, seseorang bisa belajar dari komputer dengan cara  memutar video senam yang tersedia. Diantara senam yang bisa dipilih yaitu senam irama ceria versi siswa maupun guru, senam SKJ dan senam pramuka. Ketiga senam tersebut bisa dengan mudah kita dapatkan pada era sekarang ini, sehingga tidak ada alasan untuk tidak bisa senam.
Terakhir, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk hidup sehat tidaklah harus mahal bahkan gratis, salah satunya dengan senam. Marilah kita senantiasa membudayakan hidup sehat baik dengan olah raga atau senam yang rutin, sebagai penutup terima kasih atas partisipasinya untuk memberi spirit buat semua siswa khususnya SMAN 1 Sekadau kepada bu nunung, bu sesil, bu bargiani, bu fitri, bu darma dan tak ketinggalan sebagai instruktur yaitu pak budi .........


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons